PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELAS III UPTD SDN 03 DURIAN TINGGI KECAMATAN KAPUR IX

Fadhilah, Ichwani and Gusmaweti, Gusmaweti (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELAS III UPTD SDN 03 DURIAN TINGGI KECAMATAN KAPUR IX. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
bagian 1 skripsi.pdf

Download (712kB)
[img] Text
bagian 2 skripsi.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 12345 SKRIPSI DILAA.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 October 2023.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III UPTD SDN 03 Durian Tinggi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media gambar terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA siswa Kelas III UPTD SDN 03 Durian Tinggi, Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III UPTD SDN 03 Durian Tinggi dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Istrumen penelitian yang digunakan adalah lember aspek guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa diperoleh presentase pada siklus I sebesar 70% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 69,5 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,5 pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan mengunakan model Problem Based Learning ( PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPTD SDN 03 Durian Tinggi. Saran dalam penelitian ini kepada peneliti selanjutnya untuk dapat mengkaji lebih dalam terkait menggunakan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2023 09:22
Last Modified: 04 Sep 2023 09:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15726

Actions (login required)

View Item View Item