Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Model Brain Based Learninfg Di Kelas V UPTD SDN 03 Durian Tinggi Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota

Sinta, Bela and Enjoni, Enjoni (2023) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Model Brain Based Learninfg Di Kelas V UPTD SDN 03 Durian Tinggi Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
bagian1 skripsi.pdf

Download (802kB)
[img] Text
Bagian 2 skripsi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Sinta Bela (1910013411116).pdf
Restricted to Repository staff only until 28 October 2023.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V UPTD SDN 03 Durian Tinggi yang disebabkan oleh proses belajar masih berpusat pada guru (Teacher Center) sehingga siswa hanya mendengarkan, mencatat, dan menunggu arahan dari guru. Tujuan untuk mendekripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model Brain Based Learning. model Braian Based Learning adalah suatu proses pembelajaran yang berupa strategi yang berdasarkan pemahaman tentang otak . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas . Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Istrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang mana dapat diketahui bahwa persentase aktivitas guru yaitu 77,5% pada siklus I dan terjadi peningkatan sebesar 87,5% pada siklus II. Pada hasil belajar siswa diperoleh persentase pada siklus I sebesar 57,69% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 72,15 mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,46% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 87,23 pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan mengunakan model brain based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Saran dalam penelitian ini kepada peneliti selanjutnya untuk dapat mengkaji lebih dalam terkait menggunakan model brain based learning untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:05
Last Modified: 05 Sep 2023 03:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15731

Actions (login required)

View Item View Item