PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VB MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SDN 26 RIMBO KALUANG PADANG

Yurike, Hardianti and Ade, Sri Madona (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VB MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SDN 26 RIMBO KALUANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1.pdf

Download (632kB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas VB SDN 26 Rimbo Kaluang Padang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 26 Rimbo Kaluang Padang yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Pada siklus I presentase skor yang diperoleh melalui guru yaitu, 70% dengan kategori Baik dan pada siklus II presentase skor aktivitas guru meningkat menjadi 87,5% dengan kategori Sangat Baik. Berikutnya ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I, menunjukkan bahwa persentase hasil belajar aspek kognitif pengetahuan (C1) siswa sebesar 73,91% dan aspek kognitif pemahaman (C2) 67,39% dan meningkat pada siklus II aspek kognitif pengetahuan (C1) sebesar 90,43% dan aspek kognitif pemahaman (C2) sebesar 77,82%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB SDN 26 Rimbo Kaluang Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:01
Last Modified: 05 Sep 2023 03:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15733

Actions (login required)

View Item View Item