PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III UPTD SDN 03 KOTO BANGUN KECAMATAN KAPUR IX KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Erza, Melinda Harnum and Rio, Rinaldi (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III UPTD SDN 03 KOTO BANGUN KECAMATAN KAPUR IX KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULL SKRIPSI ERZA MELINDA HARNUM (19-001).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN SARAN .pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian yang dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara penulis tentang peningkatan kemampuan membaca nyaring menggunakan media cerita bergambar peserta didik. Media yang digunakan belum maksimal dalam pembelajaran membaca nyaring kelas III UPTD SDN 03 Koto Bangun. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk peningkatan kemampuan membaca nyaring siswa kelas III UPTD SDN 03 Koto Bangun digunakan media cerita bergambar, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan merancang, melaksanakan, mengamati, dan merefleksi tindakan melalui siklus secara kolaboratif dan partisivasi yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelasnya. Subjek penelitian adalah perserta didik kelas III sebanyak 12 perserta didik, teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitan ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif penelitian dilaksanakan menggunakan dua siklus dengan 4 kali pertemuan dalam satu siklusnya 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini pada siklus l kemampuan membaca nyaring peserta didik memperoleh nilai rata-rata 75 atau 1 peserta didik dengan kriteria cukup, 6 peserta didik dengan kriteria baik, 5 peserta didik dengan kriteria sangat baik. Pada siklus II, diperoleh nilai rata-rata 82 atau 1 perserta didik dengan kriteria baik, dan 11 peserta didik dengan kriteria sangat baik. Peningkatan menunjukan bahwa rata-rata kemampuan membaca peserta didik mengalami peningkatan dan disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan membaca nyaring menggunakan media cerita bergambar peserta didik mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:36
Last Modified: 05 Sep 2023 02:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15752

Actions (login required)

View Item View Item