PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN 09 AIR TAMBANG PESISIR SELATAN

Amrina, Rasyada and Wirnita, Eska (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II SDN 09 AIR TAMBANG PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (824kB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (198kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan siswa di kelas II SDN 09 Air Tambang Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model picture and picture di kelas II SDN 09 Air Tambang Pesisir Selatan. Teori yang dijadikan acua pendapat yang dikemukakan olleh Aris Shoimin (2016), dan untuk hasil belajar siswa menggunakan pendapat Sudjana (2012). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 09 Air Tambang Pesisir Selatan, yang berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah lember observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar penilaian kemampuan membaca permulaan siswa. Persentase aktivitas guru yang diperoleh pada siklus I, yaitu 73,52% dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 84,37%. Rata-rata observasi kegiatan siswa pada siklus I, yaitu 65% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 85%. Ketuntasan hasil belajar Kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I persentasenya 59,06%, meningkat pada siklus II dengan rata-rata hasil 75,41%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:26
Last Modified: 05 Sep 2023 02:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15756

Actions (login required)

View Item View Item