PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN 23 UJUNG GURUN PADANG

Afdilla Dahnil, Putri and Risa, Yulisna (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN 23 UJUNG GURUN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN AFDILLA DAHNIL PUTRI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA AFDILLA DAHNIL PUTRI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI AFDILLA DAHNIL PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas III SDN 23 Ujung Gurun Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi guru, lembar observasi keterampilan membaca pemahaman siswa dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas III SDN 23 Ujung Gurun Padang, penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III dilihat dari ketertarikan, perhatian dan manfaat pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di SDN 23 Ujung Guru Padang mengalami peningkatan pada siklus II didapatkan rata-rata persentase 81%. Hal ini sudah dikatakan meningkat dibandingkan dengan keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I yaitu 67,4%. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 65,3% , hal ini dikarenakan siswa yang masi belum mengerti materi dan siswa terlalu lama dalam membaca sehingga waktu banyak terbuang saat mengerjakan soal, sehingga saat menjawab soal siswa terburu-buru. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 77%, dikarenakan proses pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 23 Ujung Gurun Padang. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, keterampilan membaca pemahaman, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:12
Last Modified: 05 Sep 2023 02:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15758

Actions (login required)

View Item View Item