PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR

PINAYUNGAN, DALIMUNTE and Yetty, Morelent and Sofiani, Sofiani (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KESIMPULAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Tesis PINAYUNGAN oK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan media video pembelajaran menulis berita untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar, dan (2) perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran menulis berita berbasis literasi informasi dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa media video pembelajaran menulis berita berbasis literasi informasi. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah teori Arsyad, menulis berita oleh Zainurrahman dan Djuraid. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII SMP N 1 Tapung Hulu. Kemudian, sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Randoum Sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 2 kelas dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Kelas VIII-1 diajar dengan menggunakan media video pembelajaran menulis berita berbasis literasi informasi, sedangkan kelas VIII-3 diajar tanpa media video menulis berita berbasis literasi informasi. Objek penelitian ini adalah media video menulis berita berbasis literasi informasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Hasil penelitian kualitas media video pembelajaran menulis berita berbasis literasi informasi baik oleh ahli materi, ahli media, guru bahasa Indonesia, maupun siswa memberikan penilaian dengan kategori yang sangat baik, dan (2) Hasil Belajar Siswa yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran menulis berita berbasis literasi informasi (80,00 ± 3,87) ( X ±SD) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa media video pembelajaran menulis berita berbasis literasi informasi (68,47 ± 5,92)(t-hitung = 9,772; P = 0,000). Lebih tingginya hasil belajar siswa yang menggunakan media video pembelajaran menulis berita berbasis literasi informasi karena media vidio menulis berita berbasisi literasi sebagai alat bantu guru untuk lebih mudah siswa memahami materi menulis berita. Dengan demikian dapat disimpulkan media video pembelajaran merupakan sarana yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa. Sehingga proses pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media video pembelajaran menulis berita berbasis literasi informasi dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci: Media Video, Literasi Informasi, Menulis Teks Berita

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO Magister
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:19
Last Modified: 05 Sep 2023 02:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15806

Actions (login required)

View Item View Item