PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN 06 LAPAI KOTA PADANG

Putri, Ramadhani and Risa, Yulisna (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN 06 LAPAI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI RAMADHANI 19-036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa kurangnya efektif dan efesien dalam proses pembelajaran sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan model Scramble pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 06 Lapai Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 06 Lapai Padang yang berjumlah 28 orang siswa. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas guru, dan siswa dan nilai hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh observasi kegiatan siswa diperoleh rata-rata presentase siswa siklus I sebesar 75% dengan kategori C (Cukup). Untuk rata-rata presentase siklus II observasi kegiatan siswa diperoleh 89,9% dengan kategori B (Baik). Sedangkan untuk observasi kegiatan guru siklus I diperoleh presentase ketuntasan sebesar 69% dengan kategori C (Cukup) dan untuk siklus II diperoleh presentase ketuntasan sebesar 80% dengan kategori SB ( Sangat Baik). Adapun rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai 73,92 dan siklus II diperoleh nilai 83,57 mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 06 Lapai Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Sep 2023 06:33
Last Modified: 05 Sep 2023 06:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15827

Actions (login required)

View Item View Item