anisa, anisa and Hidayati, Azkiya (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTERGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK SISWA KELAS III SDN 43 RAWANG TIMUR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
bab 1 pendahuluan.pdf Download (659kB) |
|
Text
bab kesimpulan saran dan daftar pustaka (1).pdf Download (387kB) |
|
Text
full text.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswakelasIIIdikarenakankemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan model (Cooperative Integrated Reading Composition)siswakelas IIIpadapembelajaranBahasaindonesia.Teoriyangdigunakandalampenelitianiniadalah teorimembacamenurut Suprijono (2009:131), Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus,dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kalipertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu penelitian perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian inidilaksanakan pada semesterII tahun ajaran 2022/2023. Peneliti selaku praktisi danpeserta didik kelas III sebanyak 28 orang. Hasil penelitian siklus I pada aktivitas guru sebanyak 60% meningkatpada siklus II menjadi 80% Sedangkan aktivitas siswa pada siklus Isebanyak63%padasiklusIIsebanyak93%.Hasilkemampuanmembaca pemahaman siswa pada siklus I 65,5% meningkat pada siklus II menjadi 88,5% dengan demikian, dapatdisimpulkanbahwamodelCIRCdapatmeningkatkankemampuan membaca pemahamansiswakelasIIIpadapembelajaran BahasaIndonesia di SDNegeri43 Rawang Kota Padang. Kata kunci: membaca pemahaman, model cooperative integreted reading compostion (circ).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 05:58 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 05:58 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15941 |
Actions (login required)
View Item |