PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT

Ainur, Rahmah and Susi, Herawati (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Abstrak - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (566kB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
SKRIPSI AINUR RAHMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya bahan ajar atau sumber belajar yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran berupa buku paket yang disediakan oleh sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Modul Pembelajaran matematika berbasis pendekatan open-ended pada materi persamaan kuadrat yang valid dan praktis yang dapat digunakan di kelas XI SMK N 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). model pengembangan menggunakan ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Tetapi dalam penelitian ini tahapan yang dilakukan adalah analysis, design, development, dan implementation. Pada tahap analysis, dilakukan observasi untuk mengetahui kendala yang ada di sekolah sehingga mengetahui apa yang dibutuhkan dan dikembangkan didalam sekolah. Pada tahap Design, merancang produk yang akan dikembangkan. Pada tahap Development, menentukan kevalidan produk yang dikembangkan sehingga layak untuk diuji cobakan. Kevalidan produk dinilai oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli tampilan. Validasi ahli materi dilakukan sebanyak 4 kali, validasi ahli bahasa dan tampilan dilakukan sebanyak satu kali. Dan pada tahap Implementation, dilakukan uji coba produk yang telah dikembangkan kepada siswa kelas XI TKJ B SMK N 1 Gunung Talang. Pada uji coba produk di SMK N 1 Gunung Talang, subjek penelitian ini adalah 29 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa modul dinyatakan valid oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli tampilan. Modul dinyatakan praktis dengan kriteria “sangat praktis” dari guru sebesar 87,5% dan dari siswa sebesar 90,2% Kata Kunci : Pengembangan, Modul Pembelajaran , Open-ended

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2023 09:24
Last Modified: 06 Sep 2023 09:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15954

Actions (login required)

View Item View Item