Annisa, Syifa Mauli Yolanda and Hidayat, Dayat (2023) KETERKAITAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN 129 KOTO TENGAH KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI,dan BAB PENDAHULUAN ANNISA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN,SARAN,dan DAFTAR PUSTAKA ANNISA.pdf Download (671kB) |
|
Text
FULL TEKS SKRIPSI ANNISA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi belum maksimalnya siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia karena kebiasaan membaca siswa belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterkaitan kebiasaan membaca siswa kelas V SDN 129 Koto Tengah Kerinci, dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode penelitian korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 129 Koto Tengah Kerinci yang berjumlah 14 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah perwakilan dari jumlah populasi yaitu 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif keterkaitan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 129 Koto Tengah Kerinci. Dengan nilai 1 yang berada pada kategori sangat kuat dan dengan nilai signifikan uji korelasi sebesar 0,450 > 0,05 dengan α = 0,05 maka hipotesis penelitian ini diterima, artinya terdapat hubungan positif antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 129 Koto Tengah. Kata kunci: kebiasaan membaca, hasil belajar, bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:29 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 06:29 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15991 |
Actions (login required)
View Item |