PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DI SD NEGERI 05 SAWAHAN PADANG

Putri, Wahdini and M., Sayuti (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DI SD NEGERI 05 SAWAHAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI,dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI WAHDINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis permulaan siswa di kelas II SDN 05 Sawahan Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang bervariasi menerapkan metode atau teknik atau media dalam pembelajaran menulis, bahkan cenderung metode ceramah sehingga siswa kurang tertarik untuk menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis siswa dalam menulis permulaan dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menulis yang dikemukakan oleh Pranoto (2004). Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dikemukakan oleh Supriyadi (1992). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan oleh dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 05 Sawahan yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian kemampuan menulis siswa, lembar aktivitas siswa, dan lembar aktivitas guru. Ketuntasan hasil belajar kemampuan menulis siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase kemampuan menulis permulaan siswa pada siklus I sebesar 56,5% dengan rata-rata hasil belajar 71 dan meningkat pada siklus II sebesar 86,9% dengan rata-rata hasil belajar 87. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis permulaam dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas II SDN 05 Sawahan Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:37
Last Modified: 07 Sep 2023 08:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16006

Actions (login required)

View Item View Item