PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI MODEL THINK PAIR SHARE SISWA KELAS X DPIB 1 SMK NEGERI 1 PARIAMAN

Farisa, Hutari Elfa and Gusnetti, Gusnetti (2023) PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI MODEL THINK PAIR SHARE SISWA KELAS X DPIB 1 SMK NEGERI 1 PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] Text
PENUTUP.pdf

Download (411kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Farisa Hutari Elfa. 2023. “Peningkatan Pembelajaran Keterempilan Menulis Teks Negosiasi Model Think Pair Share Siswa kelas X DPIB 1 di SMK Negeri 1 Pariaman”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas X DPIB 1 di SMK Negeri 1 Pariaman. teori yang digunakan adalah teori menulis yang dikemukakan oleh Henry Guntur Tarigan (2008) dan acuan model pembelajaran Think Pair Share diambil dari teori yang dikemukakan oleh Isrok’atun dan Amalia Rosmala(2018), Jumanta Hamdayana(2017) dan Miftahul Huda (2014). Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek data adalah siswa kelas X DPIB 1 di SMK Negeri 1 Pariaman berjumlah 33 siswa . instrumen yang digunakan adalah peneliti, lembar tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data dengan cara Pengamatan atau observasi dan melakukan tes akhir setiap siklus. Teknik analsis data yang dilakukan dengan cara (1) Mengumpulkan data hasil tes kemampuan menulis teks negosiasi (2) Membuat skor/nilai dari hasil menulis teks negosiasi (3) Memasukkan skor/nilai ke dalam tabel penilaian (4) Mengelompokkan hasil tes ke dalam dua kelompok: tuntas dan tidak tuntas (5) Menghitung skor rata-rata dengan rumus: Untuk menentukan ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I terdapat 22 siswa yang tuntas dan 11 siswa yang tidak tuntas dengan rata-rata yang diperoleh sebanyak 63 dengan presentase ketuntasan 66%. Disebabkan karena kurangnya serius dalam pembelajaran. Masih banyak kekurangan dalam mengerjakan tes akhir siklus seperti ejaan dan penggunaan bahasa yang di tulis. Pada siklus II strategi pembelajaran diperbaiki lebih efektif dan optimal, sehingga mengalami peningkatan sebanyak 33% pada siklus II. Hal ini meningkat pada siklus II yaitu 33 siswa yang tuntas dengan rata-rata 90 dengan presentse ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas X DPIB 1 di SMK Negeri 1 Pariaman dengan menulis Teks Negosiasi dengan model Think Pair Share mengalami peningkatan. Kata Kunci : Teks Negosiasi, Think Pair Share, Keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: PINDO FKIP
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:21
Last Modified: 08 Sep 2023 07:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16027

Actions (login required)

View Item View Item