PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 43 RAWANG TIMUR KOTA PADANG

Maya, Sari and Risa, Yulisna (2023) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 43 RAWANG TIMUR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Bab I PENDAHULUAN (1).pdf

Download (747kB)
[img] Text
Bab Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] Text
SKIPSI FULL MAYA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak siswa kelas II pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 43 Rawang Timur Kota Padang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu 29 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi guru terhadap kegiatan pembelajaran, lembar observasi kemampuan menyimak siswa, lembar tes soal siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 43 Rawang Timur Kota Padang. Berdasarkan analisis data penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media audio visual terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase aktivitas guru siklus I sebesar 55% dan meningkat pada siklus II sebesar 81%. Berdasarkan lembar observasi kemampuan menyimak siswa dengan menggunakan media audio visual diperoleh bahwa rata-rata persentase kemampuan menyimak siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase kemampuan menyimak cerita siswa yaitu 68,70% meningkat pada siklus II menjadi 85,75%. Berdasarkan hasil tes soal siswa pada siklus I 61,65% meningkat pada siklus II menjadi 82,24%. Berdasarkan peningkatan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II maka target pencapaian pembelajaran dalam penelitian ini berhasil dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media audio visual berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat menggunakan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, kemampuan menyimak, media audio visual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:23
Last Modified: 11 Sep 2023 06:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16080

Actions (login required)

View Item View Item