Peningkatan Kemampuan Menyimak Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Cooperative Script pada Siswa Kelas IV SDN 02 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

yella, oktasari and Gusnetti, Gusnetti (2023) Peningkatan Kemampuan Menyimak Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Cooperative Script pada Siswa Kelas IV SDN 02 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)
[img] Text
fullteks skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN 02 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. pada saat pembelajaran berlangsung guru kurang memotivasi siswa dan juga guru tidak memperhatikan keadaan siswa sehingga siswa sulit memahami apa yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan menyimak siswa dengan model cooperative script. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kemampuan menyimak siswa dengan model cooperative script. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir siklus diberikan pada akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Sitiung Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, dan lembar tes menyimak siswa. Hasil dari penilaian aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 60%, pada siklus II sebesar 80% (meningkat sebanyak 20%). Penilaian aktivitas siswa siklus I sebanyak 53,33%, dan pada siklus II sebesar 80% (meningkatan 26,66%). Ketuntasan hasil belajar kemampuan menyimak siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase kemampuan menyimak siawa pada siklus I sebanyak 60% dengan rata-rata hasil belajar 69 dan meningkat pada siklus II sebesar 90% dengan rata-rata nilai hasil balajar 87,5 mengalami kenaikan sebesar 30%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dalam kemampuan menyimak siswa menggunakna model Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas IV SDN02 Sitiung Kabupaten Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:47
Last Modified: 11 Sep 2023 08:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16102

Actions (login required)

View Item View Item