Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring dengan Metode Explicit Intruction menggunakan Media Cerita Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang

Elvina, Amelia and Syofiani, Syofiani (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring dengan Metode Explicit Intruction menggunakan Media Cerita Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA ELVINA AMELIA 19-058.pdf

Download (49kB)
[img] Text
COVER ELVINA AMELIA 19-058.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI ELVINA AMELIA 19-058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING DENGAN METODE EXPLICIT INTRUCTION MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN 06 KAMPUNG LAPAI KOTA PADANG Elvina Amelia1, Dr.Hj. Syofiani M. Pd2 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : elvinaameliaa@gmail.com Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca nyaring siswa dalam membaca nyaring suatu bacaan. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan model pembelajaran Explicit Intruction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Explicit Intruction dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa, kelancaran membaca, ketepatan lafal membaca serta kejelasan intonasi membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Teori ini dijadikan acuan pada pendapat yang dikemukakan oleh Trianto, model Explicit Intruction menggunakan pendapat Gunarto (2013). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, kemudian dilanjutkan dengan tes hasil belajar pada pertemuan kedua setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kemampuan membaca nyaring siswa meliputi, kelancaran membaca nyaring siswa, lafal membaca nyaring siswa, serta intonasi membaca nyaring siswa, sedangkan nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 64,3 dan meningkat pada siklus II menjadi 75. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, melalui model Explicit Intruction dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa dan hasil belajar siswa kelas II SDN 06 Kampung Lapai Kota Padang. Kata Kunci : Keterampilan Membaca Nyaring, Model Explicit Intruction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:42
Last Modified: 12 Sep 2023 01:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16127

Actions (login required)

View Item View Item