PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL LEARNING STARTS WITH A QUESTION DI SDN 30 LAKITAN PESISIR SELATAN

BONI, FRANS RISKO and Yusrizal, Yusrizal and M., Tamrin (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL LEARNING STARTS WITH A QUESTION DI SDN 30 LAKITAN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (119kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatorbelakangi oleh rendahnyahasilbelajarIPSsiswa kelasV SDN 30Pasar Lakitan. Tujuan penelitian ini adalah untukMendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa dalam memahami materi, Mendeskripsikan peningkatan kemampuan partisipasi siswa dalam membuat pertanyaan, Mendeskripsikan peningkatan kemampuan partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan pada pembelajaran IPS melalui model learning starts with a question di SDN 30 Pasar Lakitan.hasilbelajarIPSsiswakelasV SDN 30 Pasar Lakitan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data adalah siswa kelas V SDN30Pasar Lakitan berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakanadalahlembarpenilaianranahafektifsiswa, lembaraktivitas guru dantespemahamansiswa.Berdasarkanhasilanalisisranahafektifsiswayaitupartisipasi membuatdanmenjawabpertanyaan.Persentasepartisipasimembuatdanmenjawabpert anyaanpadamasing-masingsiklusmengalamipeningkatan.Padasiklus I partisipasimembuat pertanyaan 65,55% meningkat menjadi 78,90% padasiklus II danpartisipasimenjawabpertanyaanpada siklus I 70,56% meningkat menjadi 85,56% padasiklus II. Hasilbelajarranahkognitifyaitupemahamanjugamengalamipeningkatan.Padasiklus Ipemahamansiswa53,33% meningkatmenjadi 90% padasiklus II. Dari data yang diperolehdapat disimpulkan bahwa terdapatpeningkatanhasilbelajarIPSsiswakelasV SDN 30 Pasar LakitansetelahmenggunakanmodelLearning Starts With A Question. Kata Kunci: Hasil belajar, Learning start with a question, IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:05
Last Modified: 14 Sep 2023 08:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16225

Actions (login required)

View Item View Item