PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI METODE QUANTUM TEACHING DI KELAS VI SDN 14 PANINGGAHAN KECAMATAN JUNJUNG SIRIH KABUPATEN SOLOK

Desi, Yanti and NURHARMI, NURHARMI and Yulfia, Nora (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI METODE QUANTUM TEACHING DI KELAS VI SDN 14 PANINGGAHAN KECAMATAN JUNJUNG SIRIH KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB V-DP.pdf

Download (131kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam bertanya dan mengajukan pertanyaan serta rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi siswa kelas VI dalam menjawab dan mengajukan pertanyaan serta memahami materi pada pembelajaran PKn melalui metode Quantum Teaching teknik V-A-K di SDN 14 Paninggahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas VI SDN 14 Paninggahan sebanyak 21 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2013/2014. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat peningkatan motivasi siswa dalam mengajukan pertanyaan, dengan ratarata persentase siklus I 65 % dan meningkat menjadi 91 % pada siklus II, serta peningkatan motivasi siswa dalam menjawab pertanyaan, dengan rata-rata persentase siklus I 48 % dan meningkat menjadi 88 % pada siklus II . (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa , dengan rata-rata persentase siklus I 69,52 % dan meningkat menjadi 80 % pada siklus II, Penelitian ini menyarankan kepada guru agar dapat menggunakan metode Quantum Teaching teknik V-A-K untuk menunjang tercapainya target kurikulum dan daya serap siswa seperti yang diharapkan. Bagi peneliti selanjutnya agar pelaksanaan penelitian metode Quantum Teaching dilaksanakan lebih baik lagi. Kata Kunci : Motivasi, Hasil, Quantum Teaching.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:19
Last Modified: 18 Sep 2023 02:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16263

Actions (login required)

View Item View Item