PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SDN 05 GOISOOINAN SIPORA UTARA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

Janimar, Forenta and Wince, Hendri and Hendra, Hidayat (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SDN 05 GOISOOINAN SIPORA UTARA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (126kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Scramble di SD Negeri 05 Goiso’oinan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 05 Goiso’oinan, yang berjumlah 9 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas pelaksanaan proses pembelajaran guru, lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan model pembelajaran Scramble. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa bertanya baik kepada guru maupun temannya pada siklus I mencapai 33,33% sedangkan siklus II 66,66%, aktivitas siswa menjawab pertanyaan baik kepada guru maupun temannya pada siklus I mencapai 50% sedangkan pada siklus II mencapai 77,77%, aktivitas siswa bekerjasama mengerjakan Lembar Diskusi Siswa (LDS) pada siklus I mencapai 50% sedangkan pada siklus II mencapai 66,66%. Dan lembar observasi aktivitas pelaksanaan proses pembelajaran guru pada siklus I rata-rata mencapai 70 sedangkan pada siklus II mencapai 89,99. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menjadi 56,66 dengan ketuntasan 55,55% meningkat menjadi 69,44 dengan ketuntasan 77,77%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II setelah menggunakan model Scramble. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, IPA, Scramble.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:23
Last Modified: 18 Sep 2023 03:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16271

Actions (login required)

View Item View Item