Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Pembelajaran Matematika melalui Model Problem Based Instructions di SDN 06 Lubuk Alung.

Neti, Yuliani and Zulfa, Amrina and rieke, alyusfitri (2017) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Pembelajaran Matematika melalui Model Problem Based Instructions di SDN 06 Lubuk Alung. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (125kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika pada kelas V di SDN 06 Lubuk Alung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis Matematika siswa kelas V SD Negeri 06 Lubuk Alung melalui Model Problem Based Instructions. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 06 Lubuk Alung yang terdaftar pada semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru dan rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan lembar aktivitas guru diperoleh bahwa persentase guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I yaitu : 63,88% meningkat pada siklus II menjadi 74,99%. Berdasarkan rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu : 74,57% dan pada siklus II yaitu : 81,30%. Melalui model pembelajaran Problem Based Instructions dapat ditingkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran matematika di SDN 06. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru agar dapat menggunakan Model Problem Based Instructions dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Instructions, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:29
Last Modified: 18 Sep 2023 07:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16281

Actions (login required)

View Item View Item