PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 01 LUHAK NAN DUO

Nini, Adriani and Muhammad, Sahnan and M., Tamrin (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 01 LUHAK NAN DUO. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (21kB)
[img] Text
full teks.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang selama ini siswa kurang menguasai dan memahami materi pelajaran IPS karena guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran karena metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dan guru dominan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problem solving di SDN 01 Luhak Nan Duo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016 di SDN 01 Luhak Nan Duo. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Instrumen penelitian berupa lembar soal, lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kegiatan siswa. Dari hasil analisis data memperlihatkan peningkatan aktivitas siswa dalam mengeluarkan pendapat pada siklus I 53,7% meningkat 83,7% pada siklus II. Aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan 58,7% pada siklus I meningkat 85% pada siklus II, aktivitas siswa dalam membuat kesimpulan 57,5% meningkat 86% pada siklus II. Hasil belajar kognitif siswa 62% pada siklus I meningkat 82% pada siklus II, dan hasil belajar afektif siswa 65% pada siklus I meningkat 87% pada siklus II. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPS melalui metode problem solving berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS melalui metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Luhak Nan Duo. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru dan pembaca dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa di kelas, sedangkan bagi siswa bisa melatih kerjasama dalam diskusi kelompok. Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar, Metode Problem Solving, IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:54
Last Modified: 18 Sep 2023 07:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16282

Actions (login required)

View Item View Item