PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SEKILAS SISWA KELAS IVPADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL SQ3R DI SDN 12 BETUMONGA MENTAWAI SIPORA UTARA

Nita, Tatubeket and Wirnita, Eska and Asrul, Taher (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SEKILAS SISWA KELAS IVPADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL SQ3R DI SDN 12 BETUMONGA MENTAWAI SIPORA UTARA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (168kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca sekilas siswa kelas IV pada Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model SQ3R di SD N 12 Betumonga Mentawai Sipora Utara. “Teori yang digunakan adalah model SQ3R, menurut Raisul (2013), penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas IV sebanyak 13 orang”. Berdasarkan lembar menentukan pikiran pokok pada siklus I 46,15% meningkat pada siklus II menjadi 86,53%. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I 40,38%,. Hasil belajar siswa siklus I rata-rata persentase ketuntasan yang diperoleh anak adalah 46,16%, sementara itu. Siklus II meningkat menjadi 96,15%. Hal ini berarti pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca sekilas siswa di kelas IV SD Negeri 12 Betumonga Mentawai Sipora Utara. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model SQ3R dalam pembelajaran Bahasam Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca sekilas siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci:MEMBACA SEKILAS,BAHASA INDONESIA,SQ3R

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:00
Last Modified: 18 Sep 2023 08:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16285

Actions (login required)

View Item View Item