PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE LEARNING CELL DI SDN 02 INDARUNG

Resti, Sri Rahayu and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2017) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE LEARNING CELL DI SDN 02 INDARUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (133kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaranan IPS melalui metode The Learning Cell di SDN 02 Indarung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 02 Indarung, yang berjumlah 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 75,65% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,93%, sedangkan hasil belajar siswa dari aspek kognitif (pengetahuan) dengan nilai rata-rata pada akhir siklus I adalah 76,43 dengan ketuntasan 46,43%, dan nilai rata-rata pada akhir siklus II adalah 88,60 dengan ketuntasan 89,65%. Hal ini berarti target indikator dalam penelitian ini berhasil dicapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Metode The Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 02 Indarung. Kata Kunci: Motivasi, Kognitif, Learning Cell, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:31
Last Modified: 19 Sep 2023 06:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16326

Actions (login required)

View Item View Item