PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DI SDN 03 PELANGAI GADANG KECAMATAN RANAH PESISIR KABUPATEN PESISIR SELATAN

Yuci, Yefrika and Gusmaweti, Gusmaweti and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DI SDN 03 PELANGAI GADANG KECAMATAN RANAH PESISIR KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (173kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model Think Talk Write di kelas V SDN 03 Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Pelangai Gadang, yang berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan komunikasi siswa, lembar observasi aktivitas guru dalam pembelajaran dan tes hasil belajar ranah kognitif siswa. Berdasarkan tes hasil belajar ranah kognitif siswa diperoleh rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I 57,1 dan meningkat pada siklus II menjadi 85,7. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I 57,14% meningkat pada siklus II 85,71%. Berdasarkan hasil lembar observasi kemampuan komunikasi siswa, diperoleh persentase hasil kemampuan komunikasi siswa pada siklus I 51,1% meningkat menjadi 74,8% pada siklus II. Hal ini berarti pembelajaran IPA dengan menggunakan model Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 03 Pelangai Gadang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Think Talk Write dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar ranah kognitif siswa. Kata Kunci: Komunikasi, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Think Talk Write

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:18
Last Modified: 21 Sep 2023 03:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16361

Actions (login required)

View Item View Item