PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL THE LEARNING CELL DI KELAS IV SD NEGERI 44 KAPAU KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

YULI, ANDRI and Wirnita, Eska and Hidayati, Azkiya (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL THE LEARNING CELL DI KELAS IV SD NEGERI 44 KAPAU KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (66kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

enelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode The Learning Cell dapat mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa dalam mencari pokok-pokok cerita, memahami cerita, dan menjawab pertanyaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 44 Kapau Kec. Lengayang yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi Kemampuan membaca pemahaman siswa dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan lembar observasi keterampilan membaca pemahaman siswa diperoleh bahwa rata-rata persentase keterampilan membaca pemahaman siswa mencari pokok-pokok cerita pada siklus I 42,5% sedangkan pada siklus II 77,5%, dan dalam memahami cerita pada siklus I 50% sedangkan pada siklus II 80%. Dan dalam menjawab pertanyaan pada siklus I 50% sedangkan pada siklus II 75% Berdasarkan tes hasil belajar siswa diperoleh bahwa rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I 47,5 dan rata-rata siklus II 77,5. sedangkan pada tes akhir siklus I nilai rata-rata siswa 69,20 sedangkan pada siklus II 82,25. Dari peningkatan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II berarti target pencapaian pembelajaran dalam penelitian ini berhasil dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode The Learning Cell berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat menggunakan metode The Learning Cell untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci : keterampilan membaca pemahaman, the learning cell, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:33
Last Modified: 21 Sep 2023 03:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16362

Actions (login required)

View Item View Item