Zefrio, Hendri Z and Gusmaweti, Gusmaweti and Yulfia, Nora (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD N 15 BATANG GASAN KECAMATAN BATANG GASAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
COVER- BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (123kB) | Preview |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 15 Batang Gasan. Hal ini dikarenakan siswa kurang memperhatikan guru dalam memberikan materi sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan model numbered heads together di SD Negeri 15 Batang Gasan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan subjek siswa kelas IV SD Negeri 15 Batang Gasan yang berjumlah 20 orang siswa, Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar aspek afektif siswa, LDS, dan tes hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran IPA dengan model numbered heads together kelas IV berlangsung dengan baik. Terlihat pada tindakan pembelajaran pada siklus I, rata-rata jumlah persentase aspek afektif siswa pada siklus I pada persentase 60% menjadi 76% pada siklus II. Hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa 61℅ meningkat menjadi 81℅ pada siklus II. Hal ini berarti target indikator dalam penelitian ini berhasil dan tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 15 Batang Gasan. Kata Kunci: Hasil belajar, Numbered Heads Together, IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 03:41 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 03:41 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16364 |
Actions (login required)
View Item |