PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU ENSIKLOPEDIA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 12 SUNGAI LIKU PESISIR SELATAN

Rudi, Sabda Putra and Hidayati, Azkiya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU ENSIKLOPEDIA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 12 SUNGAI LIKU PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku Ensiklopedia untuk pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Liku Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Liku Pesisir Selatan yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar praktikalitas, dan lembar efektifitas. Instrument penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Berdasarkan media yang telah dikembangkan, validasi media yang dilakukan dari aspek materi diperoleh persentase validitas 98,6% dengan kriteria sangat valid, dari aspek bahasa diperoleh presentase kevalidan 81,8% dengan kriteria sangat valid dan dari aspek desain diperoleh presentase kevalidan 79,4% dengan kriteria valid. Secara keseluruhan nilai rata rata validitas media buku Ensiklopedia pembelajaran Bahasa Indonesia dengan presentase 86,6% memenuhi kriteria valid. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 20 orang siswa, dari hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh presentase kepraktisan 93,18% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase kepraktisan 85,124% dengan kriteria praktis. Secara keseluruhan nilai praktikalitas media dengan nilai presentase 89.152% kriteria sangat praktis. Pada uji efektivitas terdiri dari 20 siswa, dari hasil uji efektifitas oleh siswa pada media Ensiklopedia memenuhi kriteria cukup yaitu 74,6%. Berdasarkan hasil penelitian sudah disimpulkan bahwa media pembelajaran buku Ensiklopedia untuk pembelajaran bahasa Indonesia kriteria valid, praktis, dan efektif dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 22 Sep 2023 06:39
Last Modified: 22 Sep 2023 06:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16392

Actions (login required)

View Item View Item