PENERAPAN METODE PDM (PRECEDENCE DIAGRAM METHOD) PADA PERHITUNGAN WAKTU PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PUSKESMAS TALAWI-SAWAHLUNTO

Tiara, Sandiwa and Indra Khaidir, S.T,. M.Sc, Indra Khaidir (2023) PENERAPAN METODE PDM (PRECEDENCE DIAGRAM METHOD) PADA PERHITUNGAN WAKTU PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PUSKESMAS TALAWI-SAWAHLUNTO. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HAL PENGESAHAN,ABSTARK,PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Demi kelancaran jalannya sebuah proyek dibutuhkan manajemen yang akan mengelola proyek dari awal hingga akhir yaitu manajemen proyek. Manajemen proyek adalah suatu penerapan ilmu pengetahuan, keahlian dan juga keterampilan, untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan agar mendapatkan hasil yang optimal dalam hal kinerja, waktu, mutu dan keselamatan kerja. Dalam manajemen waktu pada proyek dibutuhkan penjadwalan dan pengaturan waktu yang efisien. Salah satu metode penjadwalan waktu adalah metode PDM (Precedence Diagram Method). PDM merupakan metode penjadwalan dimana kegiatan dituliskan dalam bentuk node yang umumnya berbentuk segiempat, dengan anak panah sebagai petunjuk hubungan antar kegiatan. Kelebihan PDM yaitu tidak memerlukan kegiatan fiktif sehinggan jaringan menjadi lebih sederhana. Pada tugas akhir ini penulis menerapkan metode PDM pada perhitungan waktu proyek pembangunan Gedung Puskesmas Talawi-Sawahlunto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentu diagram jaringan, total durasi serta kegiatan-kegiatan yang termasuk pada jalur kritis. Untuk penerapan metode PDM dibutuhkan pekerjaan (predecessor) yaitu SS (Start to Start), SF (Start to Finish), FS(Finish to Start), FF(Finish to Finish). Dalam penerapan metode PDM ini dilakukan dengan melakukan perhitungan maju dan perhitungan mundur secara manual dan alat bantu yaitu aplikasi Microsoft Project 2019. Dalam penerapan metode PDM pada proyek pembangunan Gedung Puskesmas Talawi-Sawahlunto diperoleh rencana durasi pekerjaan proyek selama 329 hari (47 minggu). Dari hasil analisa didapat 22 item pekerjaan kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:34
Last Modified: 25 Sep 2023 02:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16454

Actions (login required)

View Item View Item