PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKn DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DI SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG

Fitria, Nengsih and Yusrizal, Yusrizal and Asrul, Taher (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKn DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DI SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (227kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SDN 04 Kampung Olo Padang dalam pembelajaran PKn. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya perhatian siswa saat guru memberikan materi pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa dalam tingkat pemahaman dan peningkatan aspek afektif siswa dalam kerja sama di kelas IV pada pembelajaran PKn dengan menggunakan model Problem Based Instruction di SDN 04 Kampung Olo Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 04 Kampung Olo Padang yang berjumlah 24 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aspek afektif siswa, tes hasil belajar siswa, catatan lapangan dan kamera. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diketahui persentase aspek afektif siswa dalam kerjasama pada siklus I yaitu 59% meningkat menjadi 80,75% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa tingkat pemahaman (C2) dengan nilai rata-rata siklus I yaitu 66,74 meningkat menjadi 80,43 pada siklus II. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 04 Kampung Olo Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model problem based instruction dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, PKn, Problem Based Instruction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:28
Last Modified: 25 Sep 2023 04:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16471

Actions (login required)

View Item View Item