MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DI KELAS I SD NEGERI 20 KALUMBUK PADANG

Nelly, Nelly and Zulfa, Amrina and Ira, Rahmayuni Jusar (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DI KELAS I SD NEGERI 20 KALUMBUK PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (144kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika dengan menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di Kelas I SD Negeri 20 Kalumbuk. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah murid Kelas I yang laki-laki 17 orang dan 8 orang perempuan, penulis sekaligus guru kelas I dan guru kelas IV sebagai observer. Data penelitian ini berupa informasi proses dan data hasil, tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes evaluasi. Data adalah hasil pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan RME. Sumber data berasal dari guru dan siswa kelas I SDN 20 Kalumbuk. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan pendekatan RME dan siklus yang mempunyai empat komponen yaitu ; 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Hasil pengamatan motiivasi siswa pada siklus I memperoleh nilai rata – rata persentase pada siklus I adalah 69,67 %. Hasil pengamatan motivasi siswa pada siklus II memperoleh nilai rata –rata adalah 79,29 %. Dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan 9,26 %. Hasil belajar pada siklus I rata-rata 78, persentase ketuntasan 64%. Hasil belajar pada siklus II rata-rata 82,4, persentase ketuntasan 76%. Jadi persentase ketuntasan belajar meningkat 12%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yang melibatkan siswa dengan benda-benda kongkret. Dalam perencanaan pembelajaran matematika diharapkan guru menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di kelas rendah karena peserta didik memahami dengan benda – benda konkrit. Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika guru diharapkan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan benar – benar memahami langkah – langkah yang ada pada pendekatan tersebut. Sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Motivasi, hasil belajar matematika, pendekatan Realistic Mathematic Education (RME).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:24
Last Modified: 26 Sep 2023 07:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16598

Actions (login required)

View Item View Item