PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKn MENGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING DI SDN 16 SURAU GADANG PADANG

Novrizaldi, Novrizaldi and Yusrizal, Yusrizal and rieke, alyusfitri (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKn MENGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING DI SDN 16 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (195kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V di SDN 16 Surau Gadang Padang dengan penerapan model Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 26 orang yang terdiri dari 11 perempuan dan 15 laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas belajar siswa, pengamatan pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dari hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 84,6% meningkat pada siklus II menjadi 88,5%. Pada aktivitas guru pada siklus I sebesar 77,5% meningkat pada siklus II sebesar 91,25%. Dari aktivitas aspek siswa pada siklus I sebesar 66,25% meningkat pada siklus II menjadi 85%, dan Pada Aktivitas belajar siswa secara keseluruhan aktivitas belajar dalam menjawab pertanyaan guru (oral activities) pada siklus I sebesar 40,3 % meningkat pada siklus II sebesar 79 %. Dari aktivitas belajar siswa mengerjakan latihan (writing activities) dalam diskusi pada siklus I 53,8% meningkat pada siklus II menjadi 89%, dan Pada aktivitas belajar siswa dalam mengambil kesimpulan (mental activitis) pada siklus I sebesar 53,9% meningkat pada siklus II menjadi 90,4%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKn dengan model Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penulis menyarankan agar guru menggunakan model Problem Solving dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : PKn, aktivitas belajar, model problem solving

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:13
Last Modified: 27 Sep 2023 02:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16631

Actions (login required)

View Item View Item