PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) SISWA KELAS VI MIS BAKTI TUNGGUL HITAM PADANG

Nurlinda, Nurlinda and Hasnul, Fikri and Gusnetti, Gusnetti (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) SISWA KELAS VI MIS BAKTI TUNGGUL HITAM PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (971kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (142kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya aktivitas dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI MIS BAKTI Tunggul Hitam Padang. Hal ini terjadi antara lain karena guru belum menggunakan pendekatan yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Guru cenderung menggunakan metode ceramah dan penugasan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan kemampuan membaca pemahaman dalam pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI MIS BAKTI Tunggul Hitam melalui pendekatan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Komposition). Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah tentang: (1) aktivitas oleh Rochman (dalam Depdiknas,2005), (2) membaca oleh Carter (dalam Wiryodijoyo, 1989), (3) membaca pemahaman oleh Tarigan (2005), (4) pembelajaran koperatif CIRC oleh Suyatno (2009) dan Slavin (dalam Asma, 2012). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MIS BAKTI Tunggul Hitam Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan terlihat peningkatan aktivitas dan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan pendekatan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 39,81% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,74%, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 65,83 dengan persentase ketuntasan 33,33% dan pada siklus II naik menjadi nilai rata-rata 81,39 dengan persentase ketuntasan 83,33%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan kemampuan membaca siswa kelas VI MIS BAKTI Tunggul Hitam Padang meningkat dengan pendekatan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Kata kunci : Cooperative integrated reading and composition (CIRC), aktivitas siswa, kemampuan membaca pemahaman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:37
Last Modified: 27 Sep 2023 02:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16633

Actions (login required)

View Item View Item