PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODELPAIR CHECKS DI SDN 22 IV Koto Aur Malintang

Osi, Zedda Yanti and Pebriyenni, Pebriyenni and Yulfia, Nora (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODELPAIR CHECKS DI SDN 22 IV Koto Aur Malintang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (897kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (129kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa di kelas V SDN 22 IV Koto Aur Malintang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas V dalam memahami materi dan peningkatan tanggung jawab serta disiplin pada pembelajaran PKn melalui model pair check di SDN 22 IV Koto Aur Malintang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 22 IV Koto Aur Malintang. Jumlah Sabjek Penelitian 24 Siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dalam dua siklus. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, penilaian kognitif, penilaian ranah afektif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan IIdapat diketahui peningkatan hasil belajar siswa. Kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran pada siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 64,17 memperoleh persentase ketuntasan 33% meningkat menjadi 82,5 dengan persentase ketuntasan 87,50% pada siklus II. Penilaian ranah afektif siswa pada siklus I rata-rata 71 dengan persentase ketuntasan 54% meningkat menjadi 90 dengan persentase ketuntasan 88%. Hal ini berarti target indikator keberhasilan dalam penelitian ini berhasil dan pelaksanaan pembelajaran dengan model Pair Checks berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran PKn melalui model Pair Checks dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 22 IV Koto Aur Malintang. Oleh sebab itu, disarankan agar Guru dapat menerapkan model Pair Checks dengan baik dalam pembelajaran PKn pada materi yang berbeda. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pair Checks, Pembelajaran PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:04
Last Modified: 27 Sep 2023 03:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16634

Actions (login required)

View Item View Item