PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS IV SDN 13 BATU GADANG KECAMATAN LUBUK KILANGAN PADANG

Prima, Yuli and Erman, Har and Siska, Angreni (2017) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS IV SDN 13 BATU GADANG KECAMATAN LUBUK KILANGAN PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (214kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpeningkatanminat dan hasil belajar IPA siswa melalui model contextual teaching learning (CTL) siswa kelas IV SDN 13 Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. PenelitianiniadalahPenelitiantindakanKelas( PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus masing- masing siklus terdiri dari dua pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperolehdari hasil pengamatan, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 31 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisi data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian minat bertanya siswa pada siklus I yaitu 43,55% meningkat pada siklus II menjadi 77,42 %. Minat Mengkomunikasikan pada siklus I yaitu 31,65% meningkat pada siklus II menjadi 69,36%. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I yaitu 74,31% meningkat pada siklus II menjadi 82,5%. Hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I yaitu 63,84% meningkat pada siklus II menjadi 81,19%. Dari penelitian dapat disimpulkan pembelajaran IPA dengan menggunakan model contextual teaching learning (CTL) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 13 Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru sekolah dasar agar dapat membiasakan peserta didik untuk berfikir aktif dan kreatif, sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), IPA, Minat ,HasilBelajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:39
Last Modified: 27 Sep 2023 06:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16638

Actions (login required)

View Item View Item