PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS Vc DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE LISTENING TEAM DI SDN 38 LUBUK BUAYA PADANG

Rahayu, Octavia and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS Vc DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE LISTENING TEAM DI SDN 38 LUBUK BUAYA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (190kB)
[img] Text
FULL TEKS2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Listening Team pada siswa kelas Vc di SDN 38 Lubuk Buaya Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Vc SDN 38 Lubuk Buaya, yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aspek guru dalam pembelajaran, catatan lapangan, dan kamera. Berdasarkan tes hasil belajar ranah kognitif siswa diperoleh rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I 66,16% meningkat pada siklus II menjadi 77,83%. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I 60% meningkat pada siklus II 83,33%. Hal ini berarti pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Listening Team dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas Vc SD Negeri 38 Lubuk Buaya. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan metode Listening Team dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci:Aktivitas Siswa, IPS, Listening Team

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:48
Last Modified: 27 Sep 2023 06:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16643

Actions (login required)

View Item View Item