Rahmita, Padmi and MARSIS, MARSIS and Muhammad, Sahnan (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN SISWA KELAS VI/B PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI THE FIRING LINE (GARIS TEMBAK) DI SD NEGERI 26 JATI UTARA, PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
COVER- BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis ringkasan siswa kelas VI/B SDN 26 Jati Utara, Padang melalui Strategi The Firing Line. Teori yang digunakan adalah Strategi The Firing Line, menurut Raisul (2013), sedangkan menulis digunakan teori yang dikemukakan oleh Semi (2004). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas VI/B sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar kemampuan menulis ringkasan, dan lembar tes akhir siklus. Dari hasil penelitian diperoleh, pada siklus I rata-rata nilai tes kemampuan menulis ringkasan siklus I adalah 67,6 meningkat pada siklus II sebesar 77,7. Berdasarkan analisis lembar aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II aktivitas siswa dari rata-rata persentase 65,7% meningkat menjadi 83,4%. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan kemampuan menulis ringkasan siswa kelas VI/B SD Negeri 26 Jati Utara, Padang setelah menggunakan Strategi The Firing Line. Kata Kunci: Aktivitas, Kemampuan Menulis Ringkasan, Strategi The Firing Line
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 02:24 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 02:24 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16656 |
Actions (login required)
View Item |