PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI MIN BATU BAGIRIK KAB. SOLOK

Ratna, Elfina and Erman, Har and Daswarman, Daswarman (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI MIN BATU BAGIRIK KAB. SOLOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB V - DP.pdf

Download (143kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas berdiskusi, menyimpulkan pembelajaran dan hasil belajar kognitif aspek pemahaman (C2) IPA siswa kelas II setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match di MIN Batu Bagirik kab. Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa dan guru serta lembar tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri MIN Batu Bagirik kab. Solok yang berjumlah 21 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase siswa berdiskusi pada siklus I adalah 57.14%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase yang diperoleh 73.81%. Rata-rata persentase siswa menyimpulkan pembelajaran pada siklus I adalah 50.00%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase yang diperoleh 73.81%. Rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 68.75%, sedangkan pada siklus II adalah 86.25%. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 23.81% dengan nilai rata-rata 58.65 sedangkan persentase ketuntasan belajar pada siklus II adalah 85.71% dengan nilai rata-rata 89.30. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II MIN Batu Bagirik kab. Solok. Peneliti menyarankan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match hendaknya guru memperhitungkan efesiens waktu dan siswa yang meribut. Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Aktivitas, Hasil Belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:50
Last Modified: 29 Sep 2023 02:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16659

Actions (login required)

View Item View Item