PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPA JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 11 KOTO BARU KABUPATEN SIJUNJUNG

RATNA, JUITA and Fazri, Zuzano and MARSIS, MARSIS (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPA JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 11 KOTO BARU KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (141kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SD Negeri 11 Koto Baru Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini terdiri atas dua siklus masingmasing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 59,35% ,meningkat pada siklus II menjadi 87,5%.Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru Sekolah Dasar agar dapat membiasakan peserta didik untuk berpikir aktif dan kreatif, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Matematika, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:56
Last Modified: 29 Sep 2023 02:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16665

Actions (login required)

View Item View Item