PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELARAN PKn MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY DI SDN 02 PAMPANGAN PADANG

Reziani, Agisti and Pebriyenni, Pebriyenni and Asrul, Taher (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELARAN PKn MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY DI SDN 02 PAMPANGAN PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (148kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui model Course Review Horaydi SDN 02 Pampangan Padang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran guru, lembar aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh terjadi peningkatan aktivitas siswa pada aspek menjawab pertanyaan dari 58,55% menjadi 81,4% dan meningkatnya aktivitas mengemukakan pendapat siswa dari 61,35% menjadi 84,2%. Rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 59,95% meningkat pada siklus II menjadi 82,8%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa Model Course Review Horaydapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada aspek menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat di Kelas IV SDN 02 Pampangan Padang. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Course Review Horayuntuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci : Aktivitas, belajar, Cours,e Review, Horay

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:03
Last Modified: 29 Sep 2023 07:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16676

Actions (login required)

View Item View Item