Siti, Qomariah and Wince, Hendri and Erwinsyah, Satria (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI DI SD NEGERI 29 ULAK KARANG UTARA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER- BAB I.pdf Download (785kB) |
|
Text
BAB V-DP.pdf Download (179kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 29 Ulak Karang Utara Padang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data adalah siswa kelas IV SD Negeri 29 Ulak Karang Utara Padang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase skor aktivitas siswa berdiskusi siklus I 16 orang (49,99%) meningkat pada siklus II 24 orang (75,8%), menjawab pertanyaan siklus I 13 orang (40,31%) meningkat pada siklus II 24 orang (75,8%), dan membuat kesimpulan siklus I 17 orang (54,83%) meningkat pada siklus II 24 orang (75,8%). Kesimpulan dari penelitian di simpulkan bahwa dalam penelitian ini berhasil dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Indivi dualization) berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan aktivitas berdiskusi, menjawab pertanyaan, dan membuat kesimpulan belajar siswa kelas IV di SD Negeri 29 Ulak Karang Utara Padang. Kata Kunci : Aktivitas, Model ,Pembelajaran ,Kooperatif, TAI
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 02:01 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 02:01 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16685 |
Actions (login required)
View Item |