PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 43 SUNGAI SAPIH KECAMATAN KURANJI PADANG

Trisna, Fauzi and NURHARMI, NURHARMI and Darwianis, Darwianis (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 43 SUNGAI SAPIH KECAMATAN KURANJI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (196kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pairs Share terhadap hasil belajar PKn kelas V SD Negeri 43 Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian adalah penelitian eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V SD Negeri 43 Sungai sapih Kecamatan Kuranji Padang yang berjumlah 64 orang, sampel diambil melalui teknik sampling proposive yang menghasilkan dua kelas sampel yang terdiri atas satu kelas eksperimen yaitu kelas VB dan satu kelas dijadikan kelas kontrol yaitu kelas VA. Analisis data dilakukan dengan uji nomalitas, homogenitas, dan hipotesis dengan statistic. Hasil penelitian siswa yang menggunakanmodel pembelajaran Think Pairs Share memliki rata-rata hasil belajar 82,75 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 62,25 dari hasil analisis diperoleh thitung = 3,54 dan ttabel = 1,60 untuk taraf nyata α = 0,05. Dengan demikian harga thitung > ttabel Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa antara model pembelajaran Think Pairs Share dengan penggunaan pembelajaran konvensional di kelas V SD Negeri 43 Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Padang Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Think Pairs Share, Hasil belajar, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:09
Last Modified: 02 Oct 2023 03:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16701

Actions (login required)

View Item View Item