Yulia, Rahmawati and Fazri, Zuzano and rieke, alyusfitri (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE KUMON DI SDN 03 IKUR KOTO KECAMATAN KOTO TANGAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
COVER- BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas IV melalui metode Kumon di SD Negeri 03 Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembaran observasi aktivitas guru dan lembaran penilaian ranah kognitif hasil belajar siswa. Persentase hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran matematika mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 59,26% meningkat menjadi 81,48% pada siklus II melalui metode Kumon di SD Negri 03 Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Padang. Hal ini berarti target indikator dalam penelitian ini berhasil dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode Kumon berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penilaian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Kumon dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 03 Ikur Koto Kec. Koto Tangah. Peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan metode Kumon dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Kata Kunci : Metode Kumon , Hasil Belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 07:46 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 07:46 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16707 |
Actions (login required)
View Item |