PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SDN 22 NAN SABARIS KECAMATAN NAN SABARIS

HALIMAH, HALIMAH and Gusmaweti, Gusmaweti and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SDN 22 NAN SABARIS KECAMATAN NAN SABARIS. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- bab i.pdf

Download (177kB)
[img] Text
bab v- dp.pdf

Download (123kB)
[img] Text
halimah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 22 Nan Sabaris melalui pendekatan kontruktivisme dirasakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan satu kali tes akhir. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 22 Nan Sabaris Kecematan Nan Sabaris yang berjumlah 26 orang terdiri dari 13 orang siswa lakilaki dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi proses pembelajaran siswa, lembar observasi aktifitas pelaksanaan proses pembelajaran guru dan tes hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan terlihat hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 70,19 dan pada siklus II rata-rata 84,81 Persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga meningkat yang mana pada siklus I diperoleh persentase 46,15% dan pada siklus II diperoleh persentase 84,61%. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas V SDN 22 Nan Sabaris Kecematan Nan Sabaris telah berjalan dengan baik.Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 22 Nan Sabaris Kecematan Nan Sabaris. Dengan demikian, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan dan memilih pendekatan, metode, strategi, dan teknik yang sesuai dalam mengajar, salah satunya dengan pendekatan konstruktivisme. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA Konstruktivisme

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:28
Last Modified: 03 Oct 2023 02:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16733

Actions (login required)

View Item View Item