Ainul, Afdah and Gusmaweti, Gusmaweti and Syafni, Gustina Sari (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM PROMTING PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD 2 SABBIHISMA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
COVER-BAB I.pdf Download (722kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V-DP.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Promting di kelas IV SD 2 Sabbihisma Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran guru, lembar obsevasi aktivitas siswa dan lembar tes akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dalam bertanya pada siklus I dengan persentase 39,58% mengalami peningkatan ke siklus II dengan persentase 79,16%. Aktivitas menjawab pertanyaan pada siklus I dengan persentase 52,08% meningkat ke siklus II dengan persentase 85,41%. Hasil belajar siswa pada silkus I dengan persentase 74,16% meningkat ke siklus II dengan persentase 78,75%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD 2 Sabbihisma Padang setelah menggunakan model pembelajaran Problem Promting. Kata kunci : IPA, Aktivitas dan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Promting
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 06:33 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 06:33 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16821 |
Actions (login required)
View Item |