PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPETEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 12PADANG

Oktavia, Roza Susanti and Fazri, Zuzano and NINIWATI, NINIWATI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPETEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 12PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
19. COVER.pdf

Download (496kB)
[img] Text
19. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyahasilbelajarmatematikasiswa. Ada beberapafaktor yang menyebabkanrendahnyahasilbelajarmatematikasiswa, diantaranya motivasi dan keaktifan siswa masihkurangdalam pembelajaran matematikadansiswakurangmampumenjawabsoallatihan yang bervariasidari guru.Untukmengatasimasalahini, salahsatuupaya yang dapatdilakukanadalahdenganmenerapkanModel PembelajaranKooperatifTipeTeam Assisted IndividualizationpadaPembelajaranMatematika. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuihasilbelajarmatematikasisw asetelahmenerapkanModel PembelajaranKooperatifTipeTeam Assisted Individualizationlebihbaikdarihasilbelajarmatematikadenganmenggunakanpembel ajaranbiasapadasiswakelas VIII SMPN 12 Padang.Adapunhipotesisdalampenelitianiniadalahhasilbelajarmatematikasiswaden ganmenerapkan model pembelajarankooperatiftipeTeam Assisted Individualiztionlebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswadenganmenerapkanpem belajaranbiasa di kelas VIII SMPN 12 Padang. Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimendenganpopulasisiswakelas VIIISMPN 12Padang.Sampeldalampenelitianiniadalahsiswakelas VIII.3 denganjumlahsiswa 34 orang sebagaikelaseksperimendansiswakelas VIII.2denganjumlahsiswa 34 orang sebagaikelaskontrol. Data teshasilbelajarmatematikasiswa yang diperolehdenganmemberikantespadakeduakelassampel. Untukpengujianhipotesisdigunakanuji t-tes. Dari perhitungandiperolehthitung= 1,92dan t(0,95;66) = 1,67karenathitung>t(0,95;66)makahipotesis ditolakberartihipotesis yang diterimaadalahhipotesis . Sehinggadapatdisimpulkanbahwahasilbelajarmatematikasiswadenganmenerapkan ii model pembelajarankooperatiftipeTeam Assisted Individualization lebih baikdarihasilbelajarmatematikasiswadenganmenerapkan pembelajaranbiasa. Berdasarkanhasilpenelitianini, penulismenyarankan agar penelitiselanjutnyadapatmenerapkan model pembelajarankooperatiftipe Team Assisted Individualization sertahendaknyadapatmenemukansolusidalammengatasikendala-kendala yang dihadapipadapenelitianinisehinggadapatmemberikanhasil yang lebihbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:59
Last Modified: 16 Oct 2023 03:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16869

Actions (login required)

View Item View Item