PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPS SDI RASUNA SAID MANINJAU

Asnidar, Asnidar and Yusrizal, Yusrizal and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPS SDI RASUNA SAID MANINJAU. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (130kB)
[img] Text
FULL TEKS.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SD Islam Rasuna Said Maninjau. Hal ini dikarenakan siswa kurang memperhatikan guru dalam memberikan materi sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme di SD Islam Rasuna Said Maninjau. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek siswa kelas IV SD Islam Rasuna Said Maninjau yang berjumlah 19 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru ,lembar hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme kelas IV berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, persentase ketuntasan skor dasar siswa 31,58 %.ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 42,11% denag rata-rata 63,16 ketuntasan 75 % dan meningkat pada siklus II menjadi 84,21 % dengan rata-rata 81,20 . hal ini berarti pembelajaran IPS dengan menggunkan Pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Islam Rasuna Said Maninjau. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Islam Rasuna Said Maninjau. Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Pendekatan Konstruktivisme

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 06 Nov 2023 06:51
Last Modified: 06 Nov 2023 06:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17108

Actions (login required)

View Item View Item