PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 48 GANTING KOTA PADANG

Destari, Matin and Syofiani, Syofiani and Rieke, Alyusfitri (2017) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 48 GANTING KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (145kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN 48 Ganting kota Padang. “Konstruktivisme (constructivism) adalah landasan berpikir (filosofi) pendekatan kontekstual, yaitu pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas (sempit) dan tidak dengan tiba-tiba”.Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IV SDN 48 Ganting Kota Padang yang mempunyai masing-masing dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil undian yang telah dilakukan, kelas IV A sebagai kelompok ekperimen menggunakan pendekatan kontruktivisme dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol tidak menggunakan pendekatan kontruktivisme. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran menggunkan pendekatan konstruktivisme terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 48 Ganting Kota Padang. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) dieroleh thitung (2.93049) >ttabelt tabel (1,67793). Hasil tes keterampilan menulis deskripsi siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean 74,13 dan mean yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 68,00. Kata Kunci : pengaruh pendekatan, konstruktivisme, keterampilan, menulis deskripsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:05
Last Modified: 07 Nov 2023 02:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17127

Actions (login required)

View Item View Item