PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE DI SD NEGERI 08 SURAU GADANG PADANG

Egi, Oktaviani and Gusmaweti, Gusmaweti and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE DI SD NEGERI 08 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (167kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan model Word Square di SDN 08 Surau Gadang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang, yang berjumlah 14 orang. Berdasarkan penelitian, diperoleh ratarata persentase aktivitas siswa mengemukakan pendapat mengalami peningkatan dari siklus I 49,95% meningkat menjadi 74,95% pada siklus II. Sedangkan ranah afektif siswa aspek tanggung jawab dengan persentase ketuntasan 66,28% pada siklus I, meningkat menjadi 89,06% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dengan persentase ketuntasan siklus I 65,7%, meningkat 75,71% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model Word Square dapat meningkat, sehingga peneliti dapat memberi saran untuk menggunakan model Word Square dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas hasil belajar, IPA, Word Square.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:11
Last Modified: 07 Nov 2023 02:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17134

Actions (login required)

View Item View Item