PENGARUH MODEL TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 27 SUNGAI SAPIH PADANG

Endang, Wahyuli and Yusrizal, Yusrizal and M., Tamrin (2017) PENGARUH MODEL TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 27 SUNGAI SAPIH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (166kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Two Stay-Two Stray terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 27 Sungai Sapih Padang yang berjumlah 52 orang, kelas eksperimen yaitu kelas V.A berjumlah 26 orang sedangkan kelas kontrol yaitu kelas V.B berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar dan data tes hasil belajar. Analisis data aktivitas belajar dilakukan dengan uji hipotesis sedangkan hasil belajar dengan uji normalitas, homogenitas variansi dan uji hiipotesis. Hasil penelitian pada aktivitas belajar IPS memperoleh rata-rata kelas eksperimen yaitu 60,11 dan kelas kontrol 44,11, sedangkan pada hasil belajar IPS memperoleh rata-rata kelas eksperimen yaitu 81,1 dan kelas kontrol 68,8. Hasil uji hipotesis pada aktivitas belajar IPS diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 3,58>2,01, sedangkan hasil belajar IPS thitung > ttabel dengan nilai 3,39>2,01. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas belajar IPS siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model Two Stay-Two Stray dan terdapat pengaruh hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model Two Stay-Two Stray. Kata Kunci: Two Stay-Two Stray, Aktivitas, Hasil Belajar IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:14
Last Modified: 07 Nov 2023 02:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17136

Actions (login required)

View Item View Item