MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 CITA-CITA KU MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS IV A SD KARTIKA 1-10 PADANG

Hera, Novatriana and Zulfa, Amrina and SISKA, ANGRENI (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 CITA-CITA KU MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS IV A SD KARTIKA 1-10 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover-bab I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (140kB)
[img] Text
full teks.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Dalam setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan diakhir pertemuan dilakukan ulangan harian untuk melihat tingkat ketuntasan siswa. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Kartika 1-10 Padang yang berjumlah 25 Orang. Instrumen yang digunakan adalah lembaran observasi aktifitas siswa lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian diperoleh rata-rata hasil aktivitas siswa 45,5% pada siklus I naik menjadi 70,6% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa 62,08 pada siklus I naik menjadi 82,64 Kenaikan nilai aktifitas siswa dan hasil belajar ini karena siswa telah dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, Siswa lebih termotivasi lagi dan susana kelas yang kondusif membuat suasana belajar menjadi menyenangkan. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pembelajaran tema 7 cita-citaku menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Pendekatan saintifik, aktivitas belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:10
Last Modified: 07 Nov 2023 03:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17160

Actions (login required)

View Item View Item